Cara Menambah Kapasitas Memori Flash Disk

DhikaDwiPradya.com – Teknologi semakin hari semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Beragam produsen teknologi pun saling berlomba-lomba mengeluarkan produk-produk unggulannya dari mulai perangkat komputer, cctv, laptop, smartphone dan lain-lain. Perangkat-perangkat teknologi tersebut biasanya dibekali dengan memori penyimpanan data yang mempunyai beragam kapasitas, dari mulai 2 Gb, 4 Gb, 8 Gb bahkan sampai 256 Gb. Ada pula yang menyediakan memori eksternal seperti halnya hardisk eksternal, micro SD, Flash Drive/Flash Disk dan lain sebagainya. Tentunya harga dari masing-masing memori tersebut bervariasi sesuai dengan kualitas dan besarnya kapasitas penyimpanannya.




Bagi anda yang memiliki memori eksternal seperti flash disk dengan kapasitas kecil, dan ingin mengganti dengan kapasitas yang lebih besar, tentunya dibutuhkan tambahan dana untuk membelinya.

Kini anda tidak perlu khawatir, karena pada tutorial kali ini dibahas tentang cara bagaimana menambah kapasitas memori flash disk hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi bantuan yang secara detail akan saya bagi untuk anda semua. Silahkan simak dan ikuti langkah-langkahnya.

  • Langkah yang paling awal, silahkan anda unduh terlebih dahulu aplikasi SData Tool dengan cara meng-klik link berikut:

  • Setelah anda unduh aplikasinya, silahkan masukkan flash disk yang akan anda tambah kapasitas memorinya (saya menggunakan flash disk dengan kapasitas 8 Gb).
  • Jika di dalam flash disk tersebut terdapat data-data penting, maka backup terlebih dahulu data tersebut ke dalam komputer anda.
  • Format flash disk dengan cara klik kanan pada drive nya, kemudian pilih format.

  • Kemudian pilih Quick Format – klik Start.

  • Tunggu hingga proses format selesai, kemudian klik OK.

  • Sekarang silahkan anda extract file aplikasi yang telah anda unduh diawal tadi dengan cara klik kanan pada file kemudian pilih Extract Here.

  • Kini file yang telah anda extract tadi sudah berada persis di sebelah file berekstensi rar.




  • Buka folder Sdata Tool lalu jalankan file yang bernama Sdata Tool.exe (jalankan sebagai Administrator).

  • Setelah aplikasi tersebut dijalankan, silahkan pilih inisial drive flash disk anda sesuai dengan yang ada pada komputer.

  • Pada bagian ‘Compress To’, silahkan pilih 16 GBytes, kemudian klik E-Compress NOW. (Jika anda menggunakan flash disk dengan kapasitas 4 Gb, maka pada bagian ‘Compress To’ terlebih dahulu akan tersedia pilihan 8 GBytes).

  • Tunggu hingga proses selesai secara keseluruhan sampai muncul pemberitahuan “Has Been Compressed With Successfully”. Kemudian klik OK.

  • Setelah semua proses dilalui, kini anda bisa cek perubahan kapasitas flash disk pada saat awal dan akhir.

Terlihat perbedaannya pada saat sebelum dan sesudah anda tambah kapasitasnya dengan menggunakan aplikasi Sdata Tool.

Mohon diperhatikan : Pada saat anda menyimpan banyak file pada flash disk yang sudah ditambah kapasitasnya terkadang mengalami eror (data hanya dapat di copy maksimal pada kapasitas 8 Gb sesuai ukuran aslinya). Itu dikarenakan memang pada intinya proses diatas hanya sekedar penambahan partisi, bukan secara mutlak merubah ukuran kapasitas memorinya. Tapi tidak semua mengalami eror, ada pula yang memang secara real berhasil. Mungkin itu semua kembali kepada kualitas memori yang anda miliki.

Demikian tutorial Cara Menambah Kapasitas Memori Flash Disk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.



Baca artikel lain:

Bagikan artikel