Cara Mengaktifkan Microphone Eksternal Ketika Merekam Video

DhikaDwiPradya.com – Perangkat multimedia seperti halnya kamera, perekam audio, microphone dan yang lainnya sangat diperlukan bagi seorang jurnalis maupun kameramen, terlebih jika anda adalah seorang youtuber yang selalu bekerja memproduksi sebuah karya audio visual setiap harinya.



Merupakan sebuah prioritas bagi seorang youtuber dalam menyajikan video dengan kualitas tinggi, tentunya dengan konten yang unik dan menarik. Maka yang menjadi fokus agar mendapatkan hasil yang betul-betul sempurna ialah dilihat dari seberapa bagus perangkat multimedia yang dipakai. Semakin bagus perangkatnya, maka sudah barang tentu semakin mahal pula harganya. Mungkin bagi seorang pemula atau yang masih baru terjun ke dalam dunia Youtube, bisa diawali dengan menggunakan perangkat apa adanya, contohnya menggunakan kamera pada HP android yang dimilikinya.


BACA JUGA


Kamera android beresolusi hingga 12 megapixel saya rasa sudah lebih dari cukup untuk merekam gambar dengan kualitas High Definition (HD), dengan catatan pencahayaan pada saat perekaman mecukupi. Karena sebagus apapun resolusi sebuah kamera jika tidak didukung dengan pencahayaan yang baik atau apa adanya, maka hasilnya pun tidak akan maksimal.

Pada saat anda merekam sebuah video dengan kamera HP android dengan jarak sekitar 1 meter antara objek yang direkam dan kamera, mungkin tidak mengalami masalah dengan rekaman audionya. Beda halnya jika pengambilan gambar dilakukan pada jarak yang agak jauh. Tentunya audio yang terekam tidak akan jelas terdengar. Maka solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan microphone eksternal yang terhubung pada HP android anda. Walaupun jarak antara kamera dan objek yang direkam berada saling berjauhan, dengan adanya microphone tersebut maka hasil audio yang terekam pun akan jauh lebih sempurna.

Hanya saja pada sebagian besar HP android, jika microphone yang terkoneksi dijalankan pada mode video, maka microphone tersebut tidak akan berfungsi, karena perekaman audio hanya dilakukan melalui microphone internal saja pada saat mode tersebut. Akan tetapi problem ini pun masih bisa diatasi juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia pada Play Store yang bernama Open Camera.

Adapun langkah-langkah detaill cara penggunaan aplikasinya adalah sebagai berikut:

  • Yang paling pertama tentunya anda harus menjalankan terlebih dahulu aplikasi Open Camera. Aplikasinya dapat di download pada link berikut:

Download Play Store



  • Anda akan masuk pada tampilan awal kamera ketika aplikasinya dijalankan. Silahkan mode video kemudian pilih pengaturan video dengan cara klik tanda gear pada bagian bawah, untuk mengatur pemilihan microphone yang akan digunakan pada saat perekaman video.
Klik untuk memperbesar

 

  • Pada halaman Camera Controls, pilih Video Settings.
Klik untuk memperbesar

 

  • Selanjutnya pilih menu Audio source.
Klik untuk memperbesar

 

  • Kemudian pada bagian terakhir, karena anda akan merekam video dengan menggunakan mocrophone eksternal, maka pilih External mic (if present).
Klik untuk memperbesar

 

Sekarang anda dapat merekam video dengan menggunakan kamera android dengan mengaktifkan microphone eksternal agar memaksimalkan audio pada jarak yang lebih jauh dari biasanya.

Silahkan bagikan artikel ini ke seluruh sosial media yang anda miliki jika dirasa informasinya bermanfaat.

Demikian tutorial Cara Mengaktifkan Microphone Eksternal Ketika Merekam Video yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan para pembaca pada umumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.

“Think smart and simply”. Salam kreatifitas.



Baca artikel menarik lainnya:

Bagikan artikel

17 Comments

  1. nice info gan….
    mau tanya nih gan, trus caranya kalau antara kamera dan orang yang direkam itu jauh, pakai mic seperti apa ya?

    • Kalau mau rekam sekitaran jarak 2-3 meter bisa pake mic wireless BOYA BY-WM 4 atau BOYA BY-WM 5

      Tapi kalau mau record jarak sekitar 8-10 meter, pake yg BOYA BY-WM 6 karena sdh pake frekuensi VHF macam HT, sama BOYA BY-WM 8 juga.

      Nah kalau mau pake mic dengan jarak 6 meter tapi pake mic kabel (bukan wireless), bisa pake BOYA BY-M1.

      Gitu gan. Semoga membantu…
      Ngomong-ngomong mau bikin video apa neh? Prank kah hehe… share channel nya ya…

  2. thank you untuk sharingnya. saya akan coba aplikasikan metode ini. udah beli Boya tipe kabel. nah, settingan tombol di Boya itu tetap “off/smartphone” atau pilih “camera” ?

  3. Saya sudah mengikuti petunjuk pemakaian open camera pakai mic clip on + splitter… Tapi tetap aja nggk bisa mic nyaa… Ga ada bedanya dg video biasa, suaranya tetepa ga jelas

  4. Gan aku lagi coba pake clip on mic, tp suara ga keluar. Udah coba apl footej sama open camera. Di settingannya pun ud ganti2 msh ttp sama. Mohon bantuannya gan kali2 aja saya keliru. Hp saya vivo y12. Makasih gan

  5. Sudah pakai splitter,udah download aplikasi open camera dan footej tapi masih tetap nggak bisa masuk suaranya .. itu gimana ya ? Hp saya samsung j7 pro .. tolong solusinya

    • Untuk permasalahan teknis, agar balasnya gak slow respon, via chat whatsapp aja ya gan.
      Coba diperhatikan jacknya terlebih dahulu, lalu setingan di open camera yang bagian external mic, kalau masih gak bisa, coba pakai mic alternatif lain, kalau belum bisa juga, coba jajal kedua mic tersebut di hp lain dulu. Jadi kita bisa tau masalahnya ada dimana.

  6. Bro,
    saya coba rekam video pengajian.
    video dari HP dengan Open Camera.
    suara diambil menggunakan splitter yang inputnya dari Mixer Audio di port Aux1 atau Rec. Awalnya tidak ada masalah, tapi ketika sedang berlangsung recording, sering banget muncul Google Assistant dan langsung mengetik sendiri seolah voice texting. Saya non aktifkan Google Asistant, tapi tetap muncul warning google asistant dan minta untuk di Aktifkan Google Asistant.
    Ketika muncul google asistant tersebut, video recording stop.
    Saya pake Pocophone F1, audio splitter bentuk U, Mixer Audio merk Alesis.
    Mohon bantuannya gan.

  7. Gan,ane udah 3 bluetooth headset dg merk beda,apk open cam,bt mono,smpe gonta ganti hp,bluetooth headset ttp aja gak kluar swaranya,ada yg keluar cmn sbntr aja trs ilang,thks sblmnya

    • Untuk permasalahan teknis, agar balasnya gak slow respon, via chat whatsapp aja ya gan.
      Coba diperhatikan jacknya terlebih dahulu, lalu setingan di open camera yang bagian external mic, kalau masih gak bisa, coba pakai mic alternatif lain, kalau belum bisa juga, coba jajal kedua mic tersebut di hp lain dulu. Jadi kita bisa tau masalahnya ada dimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.