Cara Print Label Undangan

DhikaDwiPradya.com – Pernikahan adalah sesuatu yang umumnya sangat dinantikan oleh banyak orang. Tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang terlaksananya hari tersebut, salah satunya dengan mempersiapkan undangan pernikahan.

Kita dapat mengundang banyak orang dengan undangan tersebut, caranya adalah dengan membuat daftar nama undangan terlebih dahulu sesuai dengan nama kelompok masing-masing, seperti teman kerja, teman kuliah, keluarga dan lain-lain. Kemudian cetak nama-nama tersebut pada label undangan agar terlihat rapih, contohnya seperti gambar di bawah ini.



Bagi anda yang masih memiliki kendala dalam pencetakan label undangan tersebut kini tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya bagikan trik bagaimana cara print label undangan yang benar agar tercetak pas dengan ukuran kotak labelnya dengan menggunakan Aplikasi CorelDraw.

Label undangan yang pas dengan ukuran undangan pada umumnya adalah label dengan nomor 103. Ada beberapa merk label undangan yang beredar di pasaran. Tiga diantaranya adalah yang paling banyak digunakan oleh banyak tempat fotocopy dan percetakan, yaitu Thomas Cup, Tom & Jerry, dan Koala. Disini sudah saya sediakan template masing-masing dari label tersebut yang dapat anda download sesuai kebutuhan dengan ekstensi file nya adalah cdr (CorelDraw). Karena pada umumnya, program komputer yang digunakan dalam dunia percetakan biasanya adalah CorelDraw dan Photoshop.

Sekarang mari kita bahas tahap demi tahap tentang cara print label undangan. Berikut ini adalah tahapannya:

  • Silahkan anda download terlebih dahulu template label undangannya pada link berikut:

Link download  :  Label Undangan 103

Password  dhikadwipradya.com




  • Kemudian setelah anda download, ekstrak semua folder yang ada pada file rar tersebut ke direktori yang ingin anda gunakan.
  • Buka file CorelDraw (anda dapat pilih CorelDraw X4 atau X7) dari salah satu folder label undangannya, misalnya kita pakai label dengan merk Thomas Cup.
  • Setelah anda buka, maka anda akan melihat tampilan label dengan ukuran yang sama persis dengan ukuran label Thomas Cup aslinya.

  • Anda cukup mengganti kata “Nama” dan “Tempat” sesuai dengan daftar nama dan alamat undangan yang telah anda siapkan.
  • Sebagai informasi tambahan, di dalam tampilan Page1, hanya tersedia untuk 12 nama undangan saja. Jika ingin menambahkan nama orang dan tempat, maka lakukanlah duplikasi pada Page1 Caranya adalah sebagai berikut:
  • Klik kanan pada tab Page1, pilih Duplicate Page.
  • Pada jendela Duplicate Page, pilih opsi “Copy layer(s) and their contents”, kemudian klik tombol OK.

  • Maka anda akan mendapati Page2 sudah berada di sebelah Page1.
  • Selanjutnya, jika anda sudah memasukkan nama-nama undangan seluruhnya, seting kertas pada menu Print agar pada saat dicetak, hasil dari cetakan nama undangan dapat berada pas di dalam kotak label undangan. Pertama, anda harus perhatikan ukuran panjang dan lebar kertas label Thomas Cup terlebih dahulu.

  • Setelah anda tahu ukuran panjang dan lebar kertas label undangan, yakni dalam contoh di atas adalah P = 19.8 cm, L = 14 cm, langkah selanjutnya adalah pilih menu FilePrint atau bisa dengan menekan Ctrl+P pada keyboard.

  • Pilih printer yang anda gunakan kemudian klik tombol Preferences.

  • Klik pada bagian Document Size untuk memilih ukuran kertas. Karena ukuran kertas yang kita inginkan belum ada yaitu 19.8 x 14 cm, maka kita buat setingan baru. Klik User-Defined.

  • Selanjutnya beri nama kertas dengan nama Label Thomas Cup 103, tentukan ukuran kertas lalu klik tombol Save.

Perhatikan pada poin nomor 2! Seperti pada keterangan ukuran yang kita ketahui di awal, bahwa P = 19.8 cm dan L = 14 cm, maka P disesuaikan dengan Paper Height dan L disesuaikan dengan Paper Width. Maka hasilnya seperti pada gambar di atas.




  • Setelah anda klik tombol Save tadi, pada bagian Document Size sudah terdapat kertas label undangan Thomas Cup 103, kemudian anda pilih kertas tersebut.
  • Pilih opsi Landscape, lalu klik tombol OK.

  • Selanjutnya klik ApplyPrint Preview.

  • Pada jendel Print Preview, klik kanan di dalam atau di luar kertas, kemudian pilih “Print This Sheet Now”. (Ingat! Sebelum anda print, masukkan terlebih dahulu kertas label undangan pada tray printer).

  • Selesai.

Kini anda sudah tidak perlu meminta bantuan petugas fotocopy atau operator percetakan untuk mencetak label undangan, karena anda kini sudah bisa mencetaknya sendiri.

Demikian tutorial Cara Print Label Undangan. Semoga apa yang sudah dipaparkan di atas bisa menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat untuk anda dan para pembaca pada umumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Artikel Terkait:

Cara Print Label Undangan Dalam Jumlah Banyak

dhikadwipradya.com

Selengkapnya

 

Baca artikel lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.