Tutorial Cara Membuat Background Gambar Menjadi Transparan

DhikaDwiPradya.com – Terkadang ketika anda ingin menyisipkan sebuah gambar ataupun logo pada sebuah dokumen, seringkali tampilan latar/background dari gambar tersebut menutupi konten dari dokumen yang anda, sehingga gambar yang baru saja anda sisipkan tersebut terasa merusak pemandangan. Kurang lebihnya seperti pada gambar di bawah ini.




Bagi sebagian orang mungkin hal tersebut diatas tiada mengapa, hanya saja bagi anda seorang yang sangat detail dalam urusan desain, mungkin hal ini menjadi sedikit bermasalah. Saat ini banyak sekali aplikasi yang dirancang oleh banyak developer, baik untuk penggunaan pada PC maupun aplikasi android. Contohnya yang sangat populer pada aplikasi PC adalah Adobe Photoshop. Hanya saja, kali ini kita tidak membicarakan tentang aplikasi tersebut, karena aplikasi Photoshop memerlukan penggunaan RAM yang sedikit lebih besar.


BACA JUGA


Pada artikel kali ini saya akan memperkenalkan aplikasi PC gratis pengganti Adobe Photoshop, yang bernama Paint.net, dan juga akan saya terangkan tentang bagaimana cara penggunaannya.

Sebelum kita mulai pembahasan, hal yang paling pertama dilakukan adalah silahkan anda download dan install terlebih dahulu aplikasi Paint.net. Klik link download aplikasi di bawah ini:




Download Paint.net

Sebagai catatan, aplikasi paint.net membutuhkan aplikasi pendukung yang bernama Microsoft’s .NET Framework 4.7.2.

Jika anda sudah menyiapkan segala yang dibutuhkan, sekarang kita masuk ke pembahasan tentang cara membuat background gambar menjadi transparan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan anda buka aplikasinya terlebih dahulu. Berikut ini adalah tampilan awal aplikasi net.

  • Selanjutnya, masukkan gambar yang akan anda buat transparan latar/background nya dengan cara klik tab menu Layers – Import From File.

  • Setelah gambar berhasil di impor, langkah berikutnya perhatikan pada bagian Layers di pojok kanan bawah. Hilangkan tanda centang pada Background agar tampilan layer menjadi transparan.

  • Untuk menjadikan latar menjadi transparan, silahkan gunakan tool Magic Wand pada toolbars sebelah kiri.

Perhatikan tanda panah di atas. Bagian bergambar kotak-kotak adalah bagian layer yang sudah tidak berwarna alias transparan.

  • Selanjutnya, dengan menggunakan tool Magic Wand tadi, silahkan klik pada bagian background gambar yang akan anda buat transparan. Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.

  • Sampai pada tahap ini, maka anda sudah berhasil membuat background menjadi transparan. Selanjutnya silahkan simpan dokumen anda dengan cara klik menu File – Save As. Pilih direktori penyimpanan, beri nama file nya, lalu ubah format file menjadi .png, kemudian klik tombol Save.

]

Demikian Tutorial Cara Membuat Background Gambar Menjadi Transparan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Untuk berlangganan artikel-artikel terbaru dari situs dhikadwipradya.com silahkan klik tombol subscribe dan nantikan artikel-artikel menarik selanjutnya hanya disini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.

“Think smart and simply”. Salam kreatifitas.




Baca artikel menarik lainnya:



Bagikan artikel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.