Cara Membuat HP Android Menjadi CCTV

DhikaDwiPradya.com – Keamanan sebuah negeri, kota maupun lingkungan tempat tinggal adalah suatu yang sangat diinginkan dan diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena hanya dengan rasa aman lah kita dapat melakukan segala aktivitas seperti beribadah, bekerja, berolahraga bahkan bermain menjadi lebih tenang.



Salah satu solusi keamanan yang memang sudah cukup terbukti efektif adalah dengan pemasangan CCTV di area-area yang rawan terjadinya tindak kejahatan termasuk di area pekarangan rumah. Hanya saja bagi sebagian orang, pengadaan perangkat CCTV tersebut menjadi hal yang cukup memberatkan dikarenakan biaya pengadaannya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tapi kini anda tidak perlu khawatir lagi karena anda pun bisa memasang CCTV di rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal, yaitu hanya dengan menggunakan HP android yang anda miliki.


BACA JUGA


Pada tutorial kali ini, kita akan belajar cara membuat CCTV yang dapat di akses secara online dimanapun anda berada dengan menggunakan HP android. Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Dua buah HP Android (HP pertama berfungsi sebagai viewer/monitor CCTV sedangkan HP kedua berfungsi sebagai kamera CCTV).
  • Aplikasi android yang bernama ALFRED. Berikut link download aplikasinya:

Dowload Play Store




Langkah-langkah cara pembuatan CCTV pada HP android sebagai berikut:

  • Pasang aplikasi Alfred yang telah di download pada kedua HP android anda, kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman awal, anda akan diminta untuk memasukkan email dengan menggunakan akun Google. Silahkan login dengan akun Gmail yang anda miliki pada kedua HP android dengan mengklik tombol “Masuk dengan Google”. Email pada HP pertama dan kedua haruslah sama.

Klik untuk memperbesar

  • Pengaturan tampilan standar pada saat login di HP pertama adalah sebagai viewer. Silahkan tunggu sampai gambar CCTV tampil setelah HP kedua login.

Klik untuk memperbesar

 

  • Lakukan cara yang sama untuk login dengan akun Gmail seperti pada HP pertama, kemudian tunggu sampai notifikasinya berubah menjadi online yang ditandai dengan warna hijau.

Klik untuk memperbesar

 

  • Setelah HP android kedua tersebut sudah berhasil login, maka tampilan pada HP pertama pun kini sudah berubah. Selanjutnya silahkan anda klik kamera yang muncul tersebut seperti pada gambar.

Klik untuk memperbesar

Pada contoh tampilan monitor CCTV di atas, kamera CCTV yang digunakan bernama ASUS_Z017DB, karena saya menggunakan HP ASUS pada instalasi aplikasi Alfred. Nama tersebut akan berubah sesuai perangkat HP android yang anda gunakan.

  • Langkah terakhir, silahkan anda tempatkan HP kedua (kamera CCTV) ditempat-tempat yang anda inginkan untuk memonitor dan merekam segala aktivitas yang terjadi pada rumah anda.

Klik untuk memperbesar

Berikut ini adalah keterangan pada gambar di atas:

  • Nomor 1 adalah tombol PTT (Push To Talk). Tekan dan tahan tombol ini untuk melakukan transmit/roger ke HP kedua seperti layaknya radio HT.
  • Nomor 2 adalah tombol perekam video. Tekan dan tahan tombol ini untuk merekam gambar yang diambil pada kamera CCTV (HP kedua).
  • Nomor 3 untuk merubah tampilan layar menjadi landscape atau portrait.
  • Nomor 4 untuk merubah penggunaan kamera front atau back.
  • Nomor 5 untuk menghidupkan senter pada kamera CCTV (HP kedua).
  • Nomor 6 untuk menggunakan mode malam.

Demikianlah tutorial Cara Membuat HP Android Menjadi CCTV yang dapat saya sajkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi para pengunjung sekalian.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Artikel Terkait:

Cara Melihat CCTV Online Melalui HP Android

dhikadwipradya.com

Selengkapnya

 

Cara Melihat CCTV Online Melalui Komputer

dhikadwipradya.com

Selengkapnya

 

Baca artikel menarik lainnya:

2 Responses to Cara Membuat HP Android Menjadi CCTV

  1. Gojin says:

    Brarti ga bisa stay trus 24 jam dong tergantung kuatnya batre si hp ke 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.