Cara Install Quran di Word

DhikaDwiPradya.com – Al-Quran adalah sebuah kitab yang diturunkan oleh Allah kepada kaum Muslimin melalui Nabi Muhammad Shallallaahu’alaihi wa sallam. Sampai saat ini perkembangan ilmu Quran sangatlah pesat, khususnya dalam bidang industri perangkat lunak (software). Tak sedikit dari para developer aplikasi Al-Quran mengembangkannya kedalam sebuah program yang mudah digunakan bagi para pengguna komputer.



Sebuah program pengetikan dokumen pada Sistem Operasi Windows yang bernama Microsoft Word (Ms. Word) mengembangkan sebuah aplikasi tambahan yang memudahkan kita dalam pengetikan sebuah surat atau ayat yang ada di dalam Al-Quran yang bernama “Quran In Ms Word”.


BACA JUGA


Pada aplikasi tersebut kita dapat membuat sebuah ayat Quran per kata sampai dengan per halaman, berikut beserta terjemahannya. Dan kita juga dapat memberikan ornamen-ornamen bingkai yang umumnya dipakai pada banyak Al-Quran yang dijual di toko-toko buku Islam. Seperti contoh di bawah ini.

Klik untuk memperbesar

 

Bagaimanakah cara memasang dan menggunakan aplikasi tersebut? Berikut ini langkah-langkah detail cara install aplikasi Quran di Word dan cara penggunaannya:

  • Yang pertama kali harus anda lakukan tentunya adalah install dahulu aplikasi Quran In Ms Word. Aplikasinya dapat anda download pada link di bawah ini:




  • Jalankan aplikasi yang telah anda download Kemudian klik OK untuk melanjutkan.
Klik untuk memperbesar

 

  • Pilih “All user (system-wide)” – Next.
Klik untuk memperbesar

 

  • Klik terus tombol Next sampai Finish.
  • Setelah aplikasi Quran tersebut terpasang, silahkan anda buka Program Microsoft Word.
  • Pilih tab menu “Al-Quranul Kariim(huruf Arab) yang berada persis di sebelah kiri menu Help pada bagian atas.
  • Anda akan dapati beberapa bagan yang terdapat pada tab menu tersebut, seperti pada yang dijunjukkan oleh gambar di bawah ini.
Klik untuk memperbesar

 

Berikut ini adalah penjelasan detail dari penggunaan setiap bagan pada gambar di atas:

  • Pilih Nama Surat, Mulai Ayat dan Akhir Ayat pada Bagan 1.
  • Berikan ceklis pada pilihan Ayah Quran pada Bagan 3. (Ket : Pilihan ’Translation’ berfungsi untuk menyertakan terjemahan pada ayat yang dipilih. Sedangkan pilihan ‘Page’ berfungsi untuk menampilkan Quran pada satu halaman penuh).
  • Pada Bagan 4, pilih New Line dan Mark Ayah. (Ket : ‘New Line’ berfungsi agar ayat yang ditampilkan bersusun ke bawah, sedangkan ‘Mark Ayah’ berfungsi untuk menampilkan nomor ayat. Jika anda ingin menambahkan ornamen bingkai, maka pilih juga Borders).
  • Pada Bagan 5 anda dapat memilih gaya penulisan Khot Quran (Madinah/Utsmani dan Indonesia), pilih salah satunya. Kemudian pilih ukuran tulisan pada Font Size.
  • Jika semua sudah diatur seperti penjelasan di atas, klik tombol Write to Document pada Bagan 3. Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.
Klik untuk memperbesar

 

  • Selanjutnya perhatikan pada Bagan 2 terdapat 2 buah pilihan, yaitu ‘Browse Quran’ dan ‘Search Quran’.
  • Klik Browser Quran untuk memilih Surat Quran per ayat secara acak yang dapat juga disertai terjemahan beragam bahasa. Anda hanya perlu melakukan copy paste pada ayat dan terjemahan yang telah anda pilih.
Klik untuk memperbesar

 

  • Klik Search Quran untuk melakukan pencarian kata yang terdapat pada seluruh ayat-ayat yang ada pada Quran. Misalnya kita akan mencari sebuah ayat yang berisi kata [ قل ], klik opsi Root Word, kemudian klik gambar Setelah bingkai Arabic Keyboard muncul, ketik huruf Qaf dan Lam, kemudian klik tombol Done. Selanjutnya klik tombol Search. Maka anda akan melihat hasil dari pencarian kata tersebut di bagian bawahnya. Agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini!
Klik untuk memperbesar

 

  • Untuk bagan selanjutnya yaitu pada Bagan 6, anda dapat memasukkan kosakata yang terdapat pada suatu ayat. Silahkan klik Word by Word – pilih surat dan ayat pada Bagan 1 – Klik tombol Write to Document pada Bagan 2. Maka hasilnya seperti di bawah ini.
Klik untuk memperbesar

 




Dengan menggunakan tools yang ada pada Bagan 6 ini, anda bisa belajar Quran per kata dengan lebih mudah khususnya jika anda adalah seorang mahasiswa di bidang ilmu Quran.

Adapun untuk bagan yang lain/sisanya, silahkan anda coba dan pelajari serta aplikasikan sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Kini belajar Quran menjadi lebih mudah dan cepat.

Demikianlah tutorial lengkap tentang Cara Install Quran di Word yang telah diterangkan secara detail berikut beserta cara penggunaannya. Semoga apa yang sudah dipaparkan di atas dapat menambah pengetahuan dan manfaat bagi anda dan para pembaca pada umumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:

Bagikan artikel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.