Cara Membuat File Kamuflase Dengan CMD

DhikaDwiPradya.com – Banyak sekali metode yang bisa digunakan dalam menyembunyikan file yang menurut anda penting. Ada yang memakai aplikasi pihak ketiga, ada pula yang menggunakan aplikasi bawaan Windows. Pada pembahasan kali ini, saya akan membagi ilmu tentang bagaimana cara menyembunyikan file dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu CMD.




Sebelum anda membuat file kamuflase tersebut, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan, diantaranya adalah:

  1. Aplikasi Winrar (yang berguna untuk membungkus file yang akan disembunyikan)
  2. File gambar berekstensi .jpg

Setelah anda mempersiapkan alat dan bahan tersebut, selanjutnya anda bisa mengikuti langkah-langkah dalam membuat file kamuflase berikut:

  • Siapkan file gambar berekstensi .jpg (misal : Dhika.jpg)
  • Siapkan file-file rahasia anda yang telah di archive kedalam bentuk .rar dengan memakai aplikasi Winrar (misal : FileRahasia.rar)
  • Kedua file tersebut (Dhika.jpg dan FileRahasia.rar) diletakkan dalam satu folder lalu simpan pada direktori yang anda kehendaki (misal : D:\Latihan Kamuflase).

cara-membuat-file-kamuflase-dengan-cmd2-dhikadwipradya

  • Kemudian jalankan aplikasi CMD (command prompt) dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik cmd lalu tekan Enter.
  • Setelah anda berada pada jendela CMD, masuklah pada folder/direktori tempat penyimpanan dua file tadi (.rar dan .jpg) yang sudah anda siapkan.
    Ketik:
    d: (enter) kemudian cd “Latihan Kamuflase” (enter)
  • Kemudian ketik perintah:
    Copy /b (filegambar.jpg)+(filearchive.rar) (gambarjadi.jpg) (enter)
    Sehingga menjadi seperti dibawah ini:
    copy /b Dhika.jpg+FileRahasia.rar Rahasiaku.jpg (enter)

cara-membuat-file-kamuflase-dengan-cmd3-dhikadwipradya

Setelah langkah-langkah diatas sudah anda lakukan, sekarang masuklah ke direktori D:\Latihan Kamuflase. Anda akan menemukan gambar baru dengan ekstensi .jpg yang bernama Rahasiaku.jpg.

cara-membuat-file-kamuflase-dengan-cmd4-dhikadwipradya




Pada file Rahasiaku.jpg itulah file rahasia anda yang bernama FileRahasia.rar disimpan. Jika dilihat secara kasat mata memang file tersebut seperti gambar biasa, akan tetapi jika dilihat dari ukuran data pada file tersebut mengikuti ukuran data file rahasia anda, dan sebetulnya itu adalah file kamuflase yang telah anda buat.

Kini anda dapat menghapus file Dhika.jpg dan FileRahasia.rar hingga yang tersisa hanyalah file Rahasiaku.jpg.

Jika anda buka file tersebut dengan double klik, maka yang akan terlihat adalah gambar Dhika.jpg yang sebelumnya sudah anda siapkan. Lalu bagaimana cara membuka file yang disembunyikan tadi?

Berikut ini adalah cara membuka file rahasia yang telah anda simpan pada file .jpg tersebut:

  1. Klik kanan pada file Rahasiaku.jpg
  2. Pilih Open with – WinRar
  3. File rahasia yang telah anda sembunyikan akan tampak pada Winrar
  4. Selanjutnya anda dapat meng-extract file tersebut ke direktori yang anda inginkan

Catatan:
Jika anda sudah mencoba langkah-langkah dalam membuat file kamuflase tersebut sesuai keterangan diatas dengan benar, lalu file tersebut tidak dapat dibuka, maka cobalah dengan menggunakan file gambar yang mempunyai ukuran file tidak lebih dari 1 Mb.

Demikian tutorial cara membuat file kamuflase dengan CMD. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.



Saksikan dalam format video:

Baca artikel lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *