Tutorial Cara Memotong dan Menggabungkan Video Dengan KineMaster

DhikaDwiPradya.com – Editing video merupakan sebuah keahlian yang sangat menjadi perbincangan pada masa-masa sekarang ini, terlebih jika anda adalah seorang Content Creator pada situs penyedia layanan video terbesar yaitu Youtube. Beberapa developer aplikasi video editing baik pada platform smartphone maupun PC kini berlomba-lomba menyajikan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan para creator video.



Berbicara mengenai smartphone, ada banyak sekali aplikasi video editing yang bisa anda gunakan seperti KineMaster, VivaVideo, PowerDirector, dan lain sebagainya. Dari banyak aplikasi tersebut, ada sebuah aplikasi yang admin rekomendasikan khususnya bagi anda yang masih pemula dalam hal editing video yang bernama KineMaster. Aplikasi ini terbilang cukup user friendly, ringan, memiliki banyak efek transisi, suara, animasi bawaan, dan banyak fitur lainnya yang umumnya ada pada aplikasi video editing profesional.


BACA JUGA


Kali ini admin akan coba membagikan beberapa tutorial editing video bagi pemula dengan menggunakan aplikasi android KineMaster dalam beberapa bagian. Dan pada kesempatan kali ini, pembahasan kita adalah seputar cara memotong dan menggabungkan video dengan menyisipkan beberapa efek transisi pada aplikasi KineMaster.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya secara step by step:

  • Yang paling pertama sebelum kita mulai, tentu saja anda harus memasang aplikasi KineMaster terlebih dahulu pada HP android anda. Berikut ini adalah link download aplikasinya:



DOWNLOAD KINEMASTER

  • Setelah anda install aplikasi KineMaster , sekarang jalankan aplikasi tersebut. Kemudian pada halaman utama aplikasi, klik tanda Plus pada bagian tengah untuk membuat file video baru.
Klik disini untuk memperbesar

 

  • Selanjutnya tambahkan sebuah video yang akan anda edit dengan cara mengklik ikon Media seperti pada gambar berikut.
Klik disini untuk memperbesar

 

  • Pilih video yang akan anda tambahkan, dan seketika itu juga video yang anda pilih akan masuk kedalam timeline secara otomatis, kemudian klik tanda centang pada pojok kanan atas.
Klik disini untuk memperbesar

 

  • Tentukan di menit keberapa anda akan memotong video tersebut dengan cara menggeser video ke kanan atau ke kiri, lalu klik pada video hingga menghasilkan seleksi berwarna kuning, kemudian pilih ikon bergambar gunting.
Klik disini untuk memperbesar

 

  • Selanjutnya pilih menu Bagi di playhead lalu klik tanda centang di bagian atas.
Klik disini untuk memperbesar

 

  • Kini anda memiliki video yang sudah terpisah menjadi dua bagian. Silahkan lakukan hal yang sama pada video yang sudah terpisah untuk membuang bagian yang tidak diperlukan. Kemudian jika sudah, klik kembali tanda centang pada bagian atas.
Klik disini untuk memperbesar

 

  • Untuk langkah selanjutnya, silahkan anda perhatikan gambar di bawah ini.
Klik disini untuk memperbesar

Keterangan nomor pada gambar:

[1] Tambahkan efek transisi dengan mengklik ikon pada nomor tersebut.

[2] Pilih jenis efek transisi yang anda sukai.

[3] Tentukan model slide pada efek transisi yang anda pilih tadi.

[4] Pada bagian ini berfungsi sebagai pengaturan cepat atau lambatnya efek yang dimunculkan.

[5] Jika sudah selesai, klik tanda centang di bagian atas.

  • Pada bagian ini, anda sudah menyelesaikan seluruh proses pengeditan. Sekarang cek dan jalankan video dengan cara mengklik tanda Play , seperti yang dicontoh pada gambar berikut.
Klik disini untuk memperbesar

 

Demikian Tutorial Cara Memotong dan Menggabungkan Video Dengan KineMaster yang dapat saya bagikan. Jika anda masih mengalami masalah pada materi ini, silahkan ajukan pertanyaan pada kolom komentar, atau dengan cara mengklik logo Whatsapp pada halaman situs untuk chat langsung dengan admin.

Untuk berlangganan artikel-artikel terbaru dari situs dhikadwipradya.com silahkan klik tombol subscribe dan nantikan artikel-artikel menarik selanjutnya hanya disini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.

“Think smart and simply”. Salam kreatifitas.



Baca artikel menarik lainnya:



Bagikan artikel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.